Pages

8/01/2013

Memilih Sofa Ruang Tamu Untuk Rumah Minimalis

Ruang tamu adalah ruang yang harus pertama kali kita perhatikan. Bagaimanapun ruang ini adalah ruang pertama yang akan digunakan untuk menjamu tamu seperti kerabat atau kolega bisnis. Salah satu hal penting untuk memperindah ruang  tamu adalah pemilihan sofa ruang tamu yang pas dengan rumah anda. Kesalahan dalam memilih sofa ruang tamu akan berakibat ruang tamu anda terkesan sempit atau terkesan berantakan karena perpaduan yang tidak cocok dalam hal warna

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memilih Sofa Ruang Tamu :

sofa ruang tamu minimalis

1. Buat Konsep Terlebih dahulu

Sebelum memilih sofa untuk ruang tamu anda, maka anda harus memperhatikan terlebih dahulu konsep ruang tamu yang akan anda buat. Karena jika ruang tamu anda tidak dimulai dengan konsep nantinya ruang tamu anda aka nasal-asalan, asal ada kursi, asal ada meja, asal ada hiasan, asal di cat dan sebagainya. Ruang tamu yang tidak dikonsep bisa menyebabkan tabrakan antara warna dan bentuk sofa dengan furniture lainnya. Sofa untuk ruang tamu sangat banyak ragamnya, ada sofa yang bergaya tradisional atau klasik, ada yang bergaya semi modern dan ada yang bergaya modern.

Perhatikan juga apakah sofa anda hanya akan digunakan hanya untuk tempat duduk aja atau mau digunakan juga untuk berbaring atau tidur. Jika anda ingin memiliki sofa yang bisa dijadikan juga buat tempat tidur pilihlah sofabed. Tapi untuk sofa ruang tamu sebaiknya anda khususkan untuk duduk saja.

2. Ukur Ruangan Untuk Sofa Ruang Tamu

sofa ruang tamu minimalis
Pastikan pengukuran ruangan ini dilakukan, karena jika tidak punya ukuran sofa yang akan kita beli, nanti kita akan kebingungan ketika memilih sofa. Bisa jadi kita hanya mengira-ngira saja dan akhirnya kecewa karena ternyata sofanya kebesaran atau kekecilan. Jadi luangkanlah waktu untuk mengukur ruangan tamu karena ruang tamu ini adalah ruang yang kecil sehingga harus efektif dan efisien dalam  tata letak ruang tamu. Mungkin ini terdengar spele, tapi percayalah banyak orang kecewa dengan sofa yang dibelinya karena malas untuk mengukur terlebih dahulu space yang dibutuhkan untuk sofa di ruang tamu.

3. Pilih bahan sofa ruang tamu

Pastinya anda ingin memilih kualitas bahan sofa yang berkualitas kan? Nah kualitas ini juga sebetulnya tergantung tujuan dari penggunaan sofa nantinya. Menurut para ahli memang saat ini sofa yang berbahan dasar kulit adalah kualitas yang nomor satu. Sofa dengan bahan dasar kulit sangat cocok untuk ruang tamu yang berpendingin udara. Jika memilih bahan kulit pastikan anda bertaya kepada penjual tentang tips merawat sofa kulit biar awet. Jika anda menginginkan variasi warna sofa anda bisa membeli sofa dengan bahan dasar kain, karena yang bahan dasar kain lebih banyak variasi corak dan warnanya.


Perhatikan juga bahan busa atau spon yang digunakan dalam sofa tersebut. Usahakan anda mencari yang busanya padat tapi empuk. Spon atau busa yang padat namun empuk bisa bertahan lama, bisa bertahan kurang lebih 5 sampai 10 tahun dari mengkerut dan mengempes. Yang pasti harganya lebih mahal daripada dengan bahan yang kurang padat. Anda juga harus tanya-tanya kepada penjual tentang beberapa jenis spon atau busa dan tingkatan kualitasnya. Salah satu merek yang pernah saya tanyakan dan bagus kualitasnya adalah busa merk cisam.

4. Perhatikan Bagian Lain Dari Sofa


Setelah memilih bahan selanjutnya anda  Perhatikan bagaimana jahitannya, jahitannya rapi atau tidak. Jika jahitan sofa tidak rapih maka akan berpengaruh terhadap bentuk sofa nantinya. Jika jahitan tidak rapih biasanya akan membuat sofa ruang tamu anda cepat rusak karena jahitannya lepas.



Selanjutnya Perhatikan juga Rangka  sofa yang dpakai untuk sofa ruang tamu anda. Rangka merupakan salah satu penentu umur ketahanan sebuah sofa. Rangka ini bahannya macam-macam juga, anda bisa tanya ke penjual mana yang lebih baik bahannya. Usahakan cari yang bahan rangka yang ringan tapi kuat. Biasanya kayu oven cocok untuk rangaka sofa ruang tamu anda karena akan lebih tahan  lama dan kayu oven juga lebih tahan terhadap cuaca ekstrim dan gangguan rayap.

semoga tulisan tentang memilih sofa ruang tamu ini bermanfaat