Pages

4/28/2013

Tips Untuk Interior Ruang Tamu Minimalis


Alasan Harus Memperhatikan Interior Ruang Tamu Minimalis


Kenapa anda harus mendesain interior ruang tamu minimalis anda.  Ruang tamu merupakan bagian dari ruang yang sangat penting di dalam rumah. Sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya jika ada kerabat atau teman yang berkunjung kerumah kita. Tentunya anda pasti menginginkan ketika mereka datang ke rumah anda untuk bertamu, mereka bisa masuk ke ruang tamu yang nyaman dan enak.

Untuk sebuah rumah minimalis maka anda harus mendesain sedemikian rupa sehingga ruangan tamu tidak terasa sempit dan nyaman.  Desain interior ruang tamu minimalis hendaknya memperhatikan semua aspek seperti  furniture, wallpaper, dan aksesoris ruanga, pencahayaan dan lain-lain. Kombinasi yang baik dari segi tata letak dan warna serta pencahayaan akan membuat ruang tamu minimalis berkesan elegan.

interior ruang tamu minimalis

Tips untuk interior ruang tamu minimalis


Gunakan kursi atau meja berdasarkan fungsinya

Sebagaimana kita ketahui bahwa rumah minimalis adalah rumah yang syarat akan fungsi. Jika anda menambahkan barang atau furniture yang tidak ada fungsinya makan itu hanya akan mempersempit ruang tamu saja. Kursi atau sofa yang anda gunakan pastikan yang ukurannya minimalis juga. Jadi sebelum anda membeli set kursi dan meja anda harus mengukur dulu luas ruangan.

Jangan menggunakan wallpaper yang terlalu ramai

Dalam interior ruang tamu minimalis, penggunaan wallpaper yang sangat ramai akan memberikan kesan ruangan yang sempit. Alangkah lebih baiknya jika anda memberikan warna yang seragam dan polos untuk ruangan anda. Warna polos yang menimbulkan kesan elegan adalah warna yang cerah contohnya warna putih, hijau muda, biru muda dan warna cerah lainnya.

interior ruang tamu minimalis


Pasang cermin hias untuk menambah kesan luas

Jika anda merasa ruang tamu anda terlalu sempit, anda bisa memasang cermin yang besar salah satu dinding ruang tamu. Cermin ini akan membawa efek psikologis untuk tamu yang berkunjung. Mereka akan merasa bahwa ruang tamu anda cukup luas, padahal ruangannya terbatas sekali.

Jangan sampai pemasangan kursi atau sofa menghalangi  jalan masuk

Pemasangan kursi atau sofa yang menghalangi pintu masuk atau sangat mepet dengan pintu ini banyak ditemukan di masyarakat. Hal ini desebabkan ketika membeli mereka tidak memperhitungkan luasan ruangan yang akan dipakainya. Sebagus apapun sofa jika ukurannya terlalu besar dibandingkan dengan luas ruangan, maka sofa tidak akan terlihat bagus, yang ada adalah rasa sempit. Sering kejadian ketika membeli sofa di toko penjual sofa dan kursi kita melihat sofa yang begitu anggun dan menawan hati, tapi ketika dipasang di ruang tamu kita kok rasanya jadi beda ya. Hal ini bisa disebabkan karena tidak sinkronnya antara ukuran sofa dan ruangan dan tidak sinkronnya antara warna sofa dengan warna cat dinding dan ornament-oernamen lainnya.

Pasanglah karpet

Pemasangan karpet di bawah set sofa/kursi dan meja ini akan memberikan kesan yang hangat. Apalagi jika lantai anda terbuat dari keramik yang dingin, dengan pemasangan karpet ini akan menambah kenyamanan baik bagi anda atau bagi tamu yang berkunjung. Selain kesan hangat juga akan diperoleh kesan elegan. Karpet yang tebal, empuk dan bersih dengan motif yang elegan akan menambah interior ruang tamu minimalis anda semakin elegan.

Hindari penggunaan jam dinding

Hindarilah penggunaan jam dinding dalam interior ruang tamu minimalis, karena penggunaan jam akan memberikan kesan kepada tamu bahwa yang punya rumah selalu mengingatkan tentang waktu. Khawatirnya muncul kesan bahwa yang punya rumah ingin mengusir tamunya agar segera pulang. Apalagi ketika mengobrol kemudian anda yang punya rumah melihat jam dinding, pasti akan menimbulkan kesan pengusiran secara halus.

Nah itulah sedikit tentang interior ruang tamu minimalis beserta tipsnya. Semoga bisa memberikan informasi tambahan yang bermanfaat untuk anda.