Pages

4/29/2013

Membuat Taman Belakang Rumah Minimalis

Untuk rumah model minimalis modern sebaiknya menyediakan lahan untuk taman belakang rumah minimalis. Taman tersebut tidak harus besar, cukup berukuran maksimal 2 x 2 meter saja sudah bisan membuat sebuah taman minimalis.

Persiapan  Taman Belakang Rumah Minimalis

Taman Belakang Rumah Minimalis

Sebelum membuat taman belakang rumah minimalis sebaiknya anda mendesainnya terlebih dahulu. Desain itu bisa berupa layout dari tanaman yang akan ditanam dalam taman tersebut. Harus diperhitungkan dengan luas lahan yang sempit mampu mengkombinasikan tanaman yang ditanam agar terlihat indah. Buatlah layout sederhana di atas kertas yang sudah di skalakan berdasarkan luas sesungguhnya. Contoh untuk ukuran luas taman 2 x 2 meter anda bisa menggunakan skala 1:10 cm. Sehingga anda harus membuat gambar layout dengan ukuran 20 x 20 cm.

Kemudian siapkan ornamen tambahan seperti  batu alam atau kerikil alam yang sudah dicat untuk membentuk pola taman. Pastikan tanah yang akan ditanami digemburkan terlebih dahulu lalu diberikan pupuk kandang. Untuk campuran anda bisa tambahkan arang sekam tapi jangan terlalu banyak. Pupuk kandang mengandung zat –zat hara penting yang diperlukan tumbuhan, dan sekam akan memberikan akan memberikan ruang nafas untuk pertumbuhan akar tanaman.


Selanjutnya anda harus persiapan untuk mengantisipasi rayap tanah. Selain merusak furnitur kayu di dalam rumah, rayap sering kali merusak tanah dan menyerang tanaman. Sebagai antisipasi awal, berilah pestisida organik pada tanah. Rayap atau serangga seperti semut dan kaki seribu tidak akan betah dengan bau yang ditimbulkan pestisida ini.




Jenis tanaman untuk taman belakang rumah minimalis

Taman Belakang Rumah Minimalis



Untuk taman belakang rumah minimalis sebetulnya tidak harus terlalu banyak ragam dan macamnya. Tanaman dasar sebagai cover ground anda bisa gunakan rumput jepang atau rumput gajah.  Selanjutnya Tanami dengan pohon palm yang kecil cukup satu tanaman saja. Untuk tumbuhan lain anda bisa tambahkan bunga krisan, bunga bougenville, bunga lily, atau bunga melati. Atau anda juga bisa menambahkan tanaman bambu kuning yang ditanam hampir menempel dinding belakang rumah. Bikinlah gerombolan bambu  kuning.



Manfaat taman belakang rumah minimalis

Taman Belakang Rumah Minimalis

Dengan memiliki taman belakang rumah minimalis maka anda sudah memiliki ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau ini berfungsi sebagai penghasil oksigen dan sebagai penyerap polutan. Untuk anda yang tinggal di perkotaan, memiliki taman belakang rumah minimalis ini akan sangat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Selain itu taman yang indah akan mengurangi stress karena dengan melihat taman yang indah akan muncul perasaan tenang dan segar. Oleh karena itu anda harus merawat taman tersebut dengan baik dan teratur, karena jika tidak taman bisa berubah menjadi tempat yang menyeramkan.

Jika anda memiliki si kecil, anda bisa mulai mengajarkan kepada anak anda tentang tumbuh-tumbuhan dan mengajarkan tentang cinta kepada tumbuhan.

Baca Juga Tentang : Model Atap Rumah Minimalis