Pages

4/27/2013

Taman Minimalis Dalam Rumah Dan Variasinya


Salah satu penambah keindahan dan keasrian rumah adalah adanya taman minimalis dalam rumah. Rata-rata orang suka dan bahkan menginginkan kalau dalam rumahnya memiliki taman. Biasanya taman minimalis ini di bangun di tengah rumah. Ada yang berupa tanaman dan bunga-bungaan ada juga yang ditambahin kolam ikan yang kecil dan air mancurnya.

Penempatan Taman Minimalis Dalam Rumah

taman minimalis dalam rumah

Jika ingin memiliki taman minimalis dalam rumah, anda bisa menggunakan lahan minimal 2 x 1 meter persegi, itu sudah cukup. Untuk penempatannya itu terserah anda dimana anda butuhkan taman tersebut. Anda bisa membangunnya di dekat ruang makan atau di dekat ruang keluarga (ini yang banyak dilakukan orang).  Jika anda punya lahan yang cukup luas untuk ruang tamu, anda bisa membangunnya di ruang tamu (ini masih jarang), tentunya harus diperhatikan faktor pencahayaannya, karena tumbuhan itu perlu cahaya supaya bisa hidup dengan baik.

Penempatan taman di ruang tengah atau di ruang keluarga ini paling banyak dipilih oleh orang, karena ruang keluarga inilah yang paling sering digunakan untuk melakukan aktifitas keluarga, misalnya makan, nonton, bercengkrama, baca Koran dan lain-lain. Dalam gaya rumah modern sekarang ini biasanya penempatan taman berada di pinggir dari ruang tengah atau bisa dikatakan menempel ke dinding. Jika anda ingin mencoba taman di tengah rumah silahkan, yang pasti harus memiliki ruangan yang luas dan tentunya cahaya harus masuk ke dalam taman.

Variasi Taman Minimalis Dalam Rumah Dengan Batu Alam dan Kolam Ikan

taman minimalis dalam rumah

Gaya rumah modern di Indonesia terus berkembang, terlihat dari adanya berbagai variasi desain eksterior rumah dan desain interiornya. Salah satu yang menjadi trend desain interior adalah adanya taman rumah minimalis dalam rumah. Desain taman dalam rumah pun sangat bervariasi, ada yang komposisinya hanya tumbuhan dan bunga, ada yang ditambah dengan batu-batu alam, ada juga yang menambahkan kolam ikan hias. Dari desain tersebut yang jelas semakin banyak komposisinya anda harus siap-siap mengeluarkan budget lebih.

Pembuatan kolam ikan dalam rumah bisa dibuat dengan ukuran persegi panjang dan menempel ke dinding. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan ruang kosong di dekat dinding. Misalnya anda bisa membuat kolam ikan dengan panjang  5 meter dan lebar 0,5 meter. Atau panjangnya mengikuti panjang dari dinding rumah anda. Kemudaian di pinggir kolam ikan tersebut anda tambahkan tanaman bunga yang indah seperti krisan, kamboja bali, mawar dan  bunga indah lainnya. Anda juga bisa menggunakan tumbuhan teratai untuk memperindah kolam. Yang perlu anda perhatikan dalam kolam ikan adalah airator yang memastikan suplai oksigen ikan terpenuhi  dan harus rajin  membersihkan secara rutin.

Manfaat Taman Minimalis Dalam Rumah

taman minimalis dalam rumah

Adanya taman dalam rumah merupakan ruang terbuka hijau yang anda buat. Adanya ruang terbuka hijau ini sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk menangkal polusi udara. Apalagi jika anda tinggal di daerah perkotaan, taman rumah minimalis dalam rumah ini sangat baik untuk keluarga anda. Mengingat betapa tingginya polusi udara di daerh perkotaan. Sebagaimana kita tahu bahwa tumbuhan itu akan merubah karbondioksida menjadi oksigen. Bisa dipastikan rumah yang di dalamnya ada taman akan memiliki oksigen yang melimpah dan pollutant akan hilang.

Dengan adanya taman dalam rumah, maka akan tercipta iklim mikro dalam rumah. Rumah akan terasa lebih sejuk meskipun di luar sedang panas. Setiap orang pasti menginginkan rumahnya sejuk karena sejuk itu membawa kepada badan dan fikiran yang sejuk juga. Dan ini yang mungkin tidak anda ingat, jika rumah kita sejuk dengan adanya taman dalam rumah, maka kita bisa menghemat penggunaan air conditioner, berarti menghemat listrik juga.

Manfaat lain dari taman minimalis dalam rumah adalah membuat anda rileks. Setelah seharian bekerja kemudian anda pulang kerumah anda bisa cepat merasa rileks, karena secara alami tumbuhan dan kolam ikan itu akan membawa suasanan tenang dan segar kedalam pikiran anda. Apalagi ada suara gemericik air yang sering digunakan dalam audio untuk meditasi. Memberikan makanan kepada ikan juga ini akan membuat otak kita menjadi rileks. Inilah sedikit manfaat dari taman minimalis dalam rumah, semoga bermanfaat

Baca Juga Tentang : Taman Minimalis Depan Rumah