Pages

9/13/2013

Desain Dinding Batu Alam Dan Berbagai Jenis Batu Yang Bisa Digunakan

Dinding Batu Alam - Batu alam sekarang sudah banyak diburu oleh orang-orang yang akan mendirikan rumah atau bangunan lain bertema natural. Mereka banyak menggunakan batu alam untuk menimbulkan kesan natural pada bangunan yang akan mereka bangun lantaran batu jenis ini bentuknya sangat unik dan enak dipandang. Di samping itu, efek visualisasi yang akan dihasilkan oleh batu alam tersebut sangat alamiah dan mengandung nilai estetika yang tinggi. Jadi, batu alam kini ramai digunakan sebagai hiasan eksterior dinding rumah di kota-kota besar yang sudah minim dengan area hijau hingga dipenuhi polusi. Dengan begitu, mata akan tetap segar ketika melihat hunian bergaya natural minimalis dengan dinding batu alam.

Batu Apa Saja Yang Bisa Dijadikan Hiasan Pada Dinding Batu Alam?

dinding batu alam

Menempelkan batu alam sebagai hiasan pada dinding bukan berarti tidak mempertimbangkan jenis batu yang akan ditempelkan. Tidak semua jenis batu tentunya yang bisa dijadikan sebagai hiasan untuk hunian kita, tetapi ada beberapa jenis batu khusus yang memang merupakan batu yang dibentuk untuk hiasan pada dinding ataupun pilar rumah. Untuk memperkaya pengetahuan tentang macam-macam batu alam tersebut, di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenisnya.

Beberapa jenis batu yang bisa digunakan untuk hiasan dinding batu alam diantaranya adalah:


  • Batu Candi.
    Batu jenis ini pada zaman dahulu digunakan untuk membangun candi, patung, atau stupa candi. Maka dari itu dinamakan dengan batu candi. Batu jenis ini dapat memperlihatkan kesan sejuk dan alami ketika ditempelkan sebagai hiasan di dinding rumah. Namun kelemahan batu alam jenis ini adalah mudah terkena lumut. Hal ini berarti si pemilik harus rajin-rajin membersihkannya agar tidak ditumbuhi banyak lumut yang justru akan merusak pemandangan.
  • Batu Andhesite.
    Jenis batu alam yang satu ini merupakan jenis batu alam yang paling banyak dipilih sebagai hiasan ekterior rumah maupun pagar karena strukturnya yang padar dan kekuatannya menghadapi perubahan cuaca. Selain itu, jenis batu ini tahan terhadap serangan lumut sehingga tidak perlu dibersihkan terlalu sering. Satu hal lain yang membuat batu Andhesite banyak digandrungi peminat adalah karena teksturnya yang sangat cocok diterapkan pada rumah minimalis.
  • Batu Koral Sikat.
    Jenis batu ini memiliki bentuk bulat kecil dan sering dijadikan sebagai ornamen hiasan kolam ikan, taman, maupun teras rumah.
  • Batu Marmer.
    Selain banyak diterapkan sebagai hiasan dinding batu alam, batu marmer ini juga bisa digunakan sebagai material lantai karena jenis batu ini dapat memberikan kesan dingin, elegan, dan sejuk.
  • Batu Templek.
    Batu ini sangat sesuai digunakan untuk hiasan kolam, taman, serta pagar rumah.
  • Batu Palimanan.
    Batu bertekstur empuk dan sangat mudah dipahat ini sering dibuat sebagai material patung dan berbagai jenis ornamen hiasan rumah lainnya.

nah itulah sedikit informasi tentang dinding batu alam dan jenis-jenis batunya, semoga bermanfaat