Pages

4/20/2013

Desain Interior Rumah Minimalis

Desain Interior Rumah Minimalis


Rumah minimalis memang saat ini menjadi trend dan paling banyak dicari orang. Hal ini karena biaya untuk membangun rumah minimlalis biayanya masih banyak orang yang bisa menjangkaunya. Rumah minimalis ini bisa dijadikan rumah yang sangat indah dan elegan jika tepat dalam hal mendesain dan mengatur tata letaknya. Berarti peran desain interior rumah minimlais ini sangat menentukan.

Desain Interior Rumah Minimalis


Setelah desain dan tata letak selesai, ternyata tidak cukup sampai disitu saja jika anda ingin membuat rumah minimalis anda indah dan elegan . Langkah berikutnya adalah menentukan desain interior rumah minimalis.
Tiga hal yang harus diperhatikan dalam menyusun desain interior rumah minimalis, yaitu ukuran dan bahan furniture, warna furniture dan tata letak. Perpaduan yang pas dari ketiga unsur ini akan menghasilkan corak interior yang sangat indah dan sedap dipandang mata.


a. Ukuran dan Bahan Furniture

Untuk rumah minimalis anda harus mencarai furniture yang ukurannya relatif kecil dan bahan benda terbuat dari bahan yang ringan. Contohnya, Gunakan meja makan kecil dan diletakkan menempel tembok dengan 4 kursi. Kursi yang digunakan lebih baik puff sehingga kesan ruang lebih luas. Gunakan pula coffee table berukuran kecil sebagai tambahan dekorasi supaya unik. Anda bisa menggunakan teraso cetakan sebagai badan utama meja (cabinet) pada dapur atau kamar mandi.  Atau bisa juga dengan menggunakan material dasar multiplek untuk pintu dan laci dengan lapisan HPL (High Pressure Laminated) sebagai finishing-nya. Dengan menggunakan bahan-bahan seperti itu bisa menekan biaya ongkos pengerjaan (ongkos tukang) karena kedua bahan seperti ini relatif murah dan mudah didapat juga mudah pengerjaannya.

b. Warna Furniture

Furniture seperti lemari, shofa , rak dan lain-lain diupayakan harus sesuai dengan warna cat dinding. Disini juga terdapat variasi yang sangat beragam. Untuk inspirasi anda bisa searching di google dengan kata kunci desain interior rumah minimalis atau gambar interior rumah minimalis, niscaya akan muncul seabrek inspirasi untuk anda.

c. Tata Letak

Tata letak ini yang akan menentukan apakah interior rumah kita itu sedap dipandang mata atau tidak. Untuk urusan tata letak juga anda bisa mencari inspirasi dengan mengetikan kata “Denah Rumah Minimalis”. Dalam bagian ini pelajari dengan detail dan lihatlah dari berbagai sudut.

Supaya menampilkan kesan yang luas, Gunakan Cermin. Cermin bukan hanya untuk berias dan bersolek, cermin juga bisa digunakan untuk memberikan efek luas terhadap rumah minimalis. Cermin yang memiliki ukuran besar  disimpan di tempat yang menghasilkan efek ruang yang kuat. Caranya adalah dengan mencoba-coba dulu penempatannya di beberapa tempat untuk mengetahui efek ruangnya seperti apa.


Desain Interior Rumah Minimalis Yang Harus Diperhatikan :


Desain Interior Ruang Tamu

Interior ruang tamu merupakan tempat yang paling mendapat perhatian. Biasanya ketika dikunjungi oleh atasan, kolega, atau teman ruang tamu inilah yang paling lama disinggahi, oleh karena itu perlu sekali penataan yang baik pada ruang tamu ini supaya tidak malu-maluin. Jika ruangan tertata rapi dan bersih sudah pasti pemiliknya orang yang selalu rapi dalam menjalankan tugasnya, dan inilah kesan yang diinginkan oleh setiap orang. Tapi jika Interior Rumah tersebut kotor berantakan menadakan akan mengesankan pemilik rumah tersebut orangnya malas. Saya yakin  anda tidak ingin di cap sebagai orang yang malas bukan? Maka perhatikanlah ruang tamu.


Desain Interior Rumah Minimalis




Desain Interior Ruang Keluarga

Selanjutnya yang harus jadi perhatian adalah Interior ruang keluarga, karena ruangan inilah yang kerap dijadikan sarana berkumpul keluarga, bercengkrama dengan anak. Selain itu ruangan yang rapi dapat menambah keharmonisan rumah tangga. Jika perlu taruhlah kursi yang memanjang lengkap dengan bantalan. Serta di depannya terdapat televisi dan pemutar video. Ruang keluarga inilah yang juga dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat setelah seharian kerja. Sebenarnya masih ada dua ruang lain yang harus di perhatikan yaitu desain interior kamar tidur dan desain interior dapur, nanti akan ditulis dalam edisi lain.

Desain Interior Rumah Minimalis




Saran

Perencanaan dan pengukuran yang tidak tepat dalam menentukan desain interior rumah minimalis akan menyebabkan membengkaknya biaya desain interior rumah anda. Pembengkakan ini bisa terjadi oleh beberapa hal, contoh: membeli barang yang tidak diperlukan sehingga mubazir. Contoh lain ukuran barang yang tidak pas memaksa kita harus menggantinya dengan yang baru, padahal barang sebelumnya masih baru.  

Memang untuk mendesain interior yang indah, jika anda mengerjakan sendiri akan sangat menguras energi dan biaya. Akan tetapi jika sudah selesai kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan dan semua kerja keras kita dalam mendesain interior akan terbayar. Jika anda tidak mau repot maka anda bisa membayar seorang designer interior, tentunya harus mengeluarkan uang lebih.

Penutup Desain Interior Rumah Minimalis

Semoga informasi tentang desain interior rumah minimalis ini bermanfaat untuk anda, dan semoga anda terinspirasi. Jika anda masih memimpikan, maka mulai dari sekarang mulailah menabung untuk memiliki rumah impian anda.